Kamis, 08 Oktober 2015

Kebersihan lingkungan


Kebersihan lingkungan maka erat kaitannya dengan sampah. Setiap orang di dunia menghasilkan sampah setiap hari, jam, menit, bahkan detik. Dapat dibayangkan betapa banyak tumpukan sampah yang mengotori bumi ini. Semakin bertambah jumlah manusia, semakin bertambah jumlah sampah yang dihasilkan. Lingkungan tak lagi sehat dan tidak nyaman.
Pada akhirnya sampah ini menjadi masalah di kemudian hari bila tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu diperlukan partisipasi dari semua orang untuk menangani hal ini. Penanganan sampah yang baik dapat dimulai dengan menerapkan prinsip 3R (Recycle, Reuse, Reduce).
Para remaja sebagai generasi penerus seharusnya memikirkan hal ini. Namun, kini  para remaja sudah mengabaikan lingkungan. Contohnya di lingkungan sekolah. Siswa hanya mengandalkan petugas kebersihan di sekolah saja untuk menjaga lingkungan. Untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, maka dibutuhkan sesuatu yang menarik minat siswa.
Program adiwiyata merupakan salah satu solusi yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.
  
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimksud dengan “Adiwiyata?”
2. Apa yang dimaksud dengan “prinsip 3R?”
3. Bagaimanakah penerapan prinsip 3R di SMA Negeri 1 Rangkasbitung?

Tujuan
1. Mengetahui arti adiwiyata yang sesungguhnya
2. Mengatahui penerapan prinsip 3R di SMA Negeri 1 Rangkasbitung

Manfaat
1. Membuat penanaman prinsip 3R yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rangkasbitung dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain.



stylistRKS

About stylistRKS

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
7 April 2016 pukul 06.10 delete

terima kasih artikel yg sangat bermanfaat,, tak kalah penting untuk menyediakan tempat sampah fiberglass

Reply
avatar